cara merawat sablon kaos

Cara Merawat Sablon Kaos Agar Awet

Apa Kamu punya kaos sablon kesayangan yang bahkan menjadi item fashion andalan untuk bepergian kemanapun?

Tapi gambar sablon kaos Kamu mudah sekali rusak saat dicuci dan disetrika?

Bahkan kaos tidak awet digunakan hanya gara-gara gambarnya yang sudah jelek. Daripada harus menghadapi situasi semacam itu, sebaiknya Kamu merawat sablon kaos dengan baik mulai dari sekarang.

sablon-kaos-rusak
Sablon Kaos yang Rusak

Macam-Macam Jenis Sablon kaos

1. Rubber Sablon

Jenis sablon ini paling banyak digunakan dalam industri konveksi karena cukup awet, bisa disetrika, dan harganya pun cukup murah. Sablon ini memanfaatkan tinta rubber atau biasa juga disebut dengan sablon karet.

Hasilnya, sablon bisa menutupi serat kain, cetakan terasa timbul, dan elastis. Sablon rubber juga sering digunakan sebagai dasar sebelum dilakukan teknik sablon yang lain.

2. Sablon Pigmen

Sablon ini memiliki karakter tinta yang bisa meresap dalam kain dan biasanya digunakan pada kaos-kaos dengan warna terang. Tapi jenis sablon ini tidak bisa digunakan untuk warna gelap, karena akan kalah dengan warna kainnya.

3. Sablon Glow in the Dark

Seperti namanya, sablon ini bisa menyala dalam gelap. Tentunya harga sablon jenis ini lebih mahal dibandingkan dengan sablon biasa. Tinta sablon jenis ini menggunakan campuran fosfor dan bahan-bahan lain.

4. Sablon Plastisol

Tinta sablon ini terbuat dari minyak atau PVC dengan daya rekat yang sangat kuat. Tapi kelebihannya, teknik ini bisa mencetak gambar dot/raster yang sangat kecil sekalipun. Untuk bisa mengeringkan hasil cetakan sablon ini dibutuhkan alat khusus yang bisa mencapai suhu 160 derajat celcius.

5. Sablon Foil

Teknik sablon ini memiliki keistimewaan karena hasilnya bisa terlihat mengkilap dan jernih seperti emas atau perak. Pada saat proses pensablonan, ditambahkan material dari kertas logam yang dilekatkan dengan lem khusus.

6. Sablon Glitter

Sablon jenis ini menggunakan tinta dengan kombinasi zat mengkilat yang bisa menghasilkan efek glittering pada gambar. Kaos menjadi terlihat lebih keren dan eksklusif.

7. Sablon Polyflex

Sablon jenis ini kini begitu diminati di kalangan masyarakat. Ada 2 jenis sablon polyflex yaitu cutting dan printing. Teknik cutting ini menggunakan mesin khusus dimana desain sablon dipotong sedemikian rupa kemudian ditempelkan pada kaos. Sedangkan teknik printing digunakan untuk mencetak gambar sablon yang kemudian akan di-cutting dan ditempelkan pada kaos.

8. Sablon DTG

Sablon jenis ini sangat canggih karena menggunakan printer digital khusus untuk sablon. Teknik DTG atau Direct to Garment merupakan cara sablon dimana printer langsung bisa mencetak sablon pada kain. Kelebihan dari teknik ini adalah bisa mencetak warna tanpa batasan dan gradasi warna yang sangat jelas.

9. Sablon 3D

Jenis sablon yang paling canggih dan keren saat ini adalah sablon 3D yang bisa mencetak gambar 3 dimensi di atas kaos. Bahkan hasil sablon bisa seluruhnya menutupi kaos dengan efek 3 sudut pandang. Teknik ini menggunakan teknologi sablon digital.

sablon-kaos-digital
sablon kaos digital

Tips Merawat Sablon Kaos Kesayanganmu

Jika salah dalam mencuci, menjemur, ataupun menyetrika, Kamu bisa saja merusak sablon kaos hingga tak lagi pantas untuk dipakai, meskipun kondisi kain kaosnya sendiri masih cukup bagus. Nah, karena itulah sebaiknya Kamu mematuhi tata cara merawat kaos sablon yang tepat seperti ini:

1. Jangan Merendam Kaos Terlalu Lama

Langkah pertama yang harus diperhatikan adalah hindari merendam kaos sablon terlalu lama sebelum dicuci. Usahakan jangan pernah merendam kaos lebih dari 30 menit agar sablon tidak mudah luntur dan rusak.

2. Hindari Menggunakan Pemutih Pakaian

Pemutih pakaian bisa membuat sablon Kamu pecah-pecah dan akhirnya luntur. Selain itu, pemutih pakaian juga bisa membuat lapisan sablon menjadi cepat tipis dan kasar.

3. Pisahkan Saat Proses Pencucian

Pisahkan pakaian yang berwarna dengan putih, pisahkan juga pakaian yang tidak bersablon dengan yang bersablon agar memudahkan proses pencucian.

4. Jangan Disikat

Jangan pernah menyikat bagian sablon kaos dengan sikat baju karena bisa membuat lapisannya pudar dan terkelupas. Selain itu, kain kaos yang berasal dar bahan katun sebaiknya juga jangan disikat agar tidak berubah jadi kasar.

5. Cuci Terbalik

Agar sablon pada kaos tidak mudah luntur, usahakan untuk selalu mencuci pakaian dalam keadaan terbalik.

6. Hindari Mencuci dengan Mesin

Putaran pada mesin cuci bisa membuat bahan kaos jadi cepat melar yang kemudian bisa membuat sablon kaos menjadi lebih cepat rusak. Jadi usahakan mencuci kaos bersablon dengan tangan/manual.

7. Jemur Secara Terbalik dan Jangan Digantung

Agar gambar sablon tidak retak-retak dan mengelupas, jemur kaos dengan cara terbalik (bagian bersablon di dalam). Saat masih basah, usahakan untuk tidak menggantung kaos karena bisa membuat bagian lehernya mudah melar.

8. Perhatikan Cara Menyetrika

Perhatikan bagian kaos yang bersablon saat menyetrika. Bagian ini tidak boleh terkena panas dari setrika langsung. Jadi balik bagian kaos yang bersablon saat disetrika.

mencuci-kaos-sablon
mencuci kaos sablon

Ciri-ciri Sablon Kaos yang Tidak Mudah Luntur

Bingung saat akan membeli kaos, apakah sablonnya awet atau tidak? Mungkin sebelum membeli kaos, Kamu bisa mengikuti tips membedakan sablon kaos gildan yang tidak mudah luntur sebagai berikut:

1. Kuat dan Tidak Terlalu Tebal

Ciri sablon yang tidak mudah luntur adalah hasil cetakan yang tidak terlalu tebal. Kemudian jika kainnya ditarik, gambar sablon tidak mudah retak dan pecah. Sablon dengan teknologi canggih seperti DTG biasanya jauh lebih awet dibandingkan dengan proses manual.

2. Tidak Berserat

Sebelum membeli, cobalah meraba permukaan sablon. Gambar sablon yang awet biasanya tidak berserat di bagian permukaan. Saat diraba, gambar terasa lebih halus dengan permukaan yang licin.

3. Lihat Testimoni Pembeli Sebelumnya

Jika Kamu membeli kaos sablon secara online, pastikan untuk mencari toko yang memiliki testimoni bagus dari para pembeli sebelumnya. Jika banyak orang yang memberi testimoni bagus, maka Kamu bisa membeli kaos di toko tersebut.

sablon-polyflex
Sablon yang Berkualitas

Beli Kaos Sablon yang Berkualitas Hanya di Toko Kami

Tak ingin kecewa saat membeli kaos sablon? Atau Kamu ingin mendapatkan kaos sablon dengan kualitas premium yang awet dan tidak mudah luntur? Tenang saja, percayakan kebutuhan kaos sablon keren Kamu di toko kami. Kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan saat berbelanja seperti:

1. Harga Murah

Kamu bisa mendapatkan garansi harga termurah di toko kami. Tapi jangan khawatir, harga murah bukan berarti kaos sablon yang kami jual juga murahan. Kami tetap menjaga kualitas kaos yang dijual. Kamu bisa membeli kaos sablon dalam jumlah satuan ataupun partai.

2. Jaminan Kualitas

Kami memastikan barang yang dijual di toko online adalah kaos yang berkualitas. Bahan kaos menggunakan kain katun premium yang sangat nyaman dipakai.

3. Sablon Tahan Lama

Kamu juga dijamin akan mendapatkan gambar sablon yang awet dengan teknologi sablon canggih. Kamu bisa mendapatkan kaos dengan gradasi gambar dan warna yang tajam.

3. Pengiriman Cepat

Pesanan yang masuk ke toko online kami akan langsung diproses di hari yang sama dan dijamin sampai tepat waktu sesuai alamat pengiriman di seluruh Indonesia.

Tak perlu ragu lagi, pastikan Kamu hanya mempercayakan kebutuhan kaos sablon hanya di toko kami. Kamu bisa mendapatkan kaos yang berkualitas dan pastinya sangat keren untuk outfit sehari-hari.

Jangan lupa share artikel ini agar lebih banyak orang tahu cara merawat kaos sablon yang benar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *